Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Simak Pengertian dan Jenis – jenis VPS yang Tidak Banyak Orang Tahu

Dalam kehidupan sehari – hari, Anda tentu sudah pernah atau bahkan mungkin sering mendengar istilah VPS (Virtual Private Server) satu ini, bukan? Ya, istilah ini terbilang sebagai salah satu produk populer yang banyak ditawarkan oleh pihak penyedia server saat ini. Meski demikian, apabila Anda ingin mengenal lebih jauh mengenai Virtual Private Server, maka sebaiknya menyimak detail informasinya di artikel berikut. 

Sekilas pengertian tentang Virtual Private Server

Secara umum, Virtual Private Server sendiri dikatakan sebagai salah satu server fisik yang nantinya akan dibagi menjadi beberapa server berbentuk virtual. Dalam penggunaannya sendiri, server ini bisa digunakan secara pribadi maupun secara keseluruhan resource-nya hanya dimanfaatkan oleh satu pengguna saja. 

Perlu Anda ketahui, bahwa alasan kenapa diberi nama sebagai Virtual Private Server lantaran server ini menggunakan teknologi virtualisasi untuk memudahkan dalam membagi satu server fisik menjadi beberapa sistem virtual. 

Simak Pengertian dan Jenis – jenis VPS yang Tidak Banyak Orang Tahu


Lebih lanjut, Virtual Private Server juga bisa dikatakan memiliki konsep dasar yang hampir mirip dengan shared hosting. Ini dikarenakan, kedua server tersebut sama – sama berbagi satu server fisik dengan para pengguna lain. Akan tetapi yang membedakan kedua server tersebut, yakni pada shares hosting biasanya tidak menggunakan teknologi virtualisasi, sehingga untuk resource-nya tidak bersifat pribadi. 

Tidak hanya itu saja, Virtual Private Server juga memiliki kemiripan dengan konsep dedicated server. Yang mana dalam hal ini, Anda nantinya akan memiliki sistem operasi dan alokasi resource tersendiri, akses sampai ke root server sampai dengan memiliki kebebasan dalam melakukan restart VPS tersebut. 

Jenis – jenis layanan Virtual Private Server

Jika tadi kita sudah membahas mengenai apa itu VPS, maka selanjutnya Anda perlu tahu mengenai jenis – jenis dari server itu sendiri. Pada dasarnya, Virtual Private Server terbagi menjadi dua jenis menurut cara pengaturan dan pengelolaannya. Agar memudahkan Anda dalam mengetahui jenis – jenis dari Virtual Private Server, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini. 

1. Managed VPS

Jenis Virtual Private Server yang pertama, yakni ada Managed VPS. Yang mana, jenis Virtual Private Server ini merupakan layanan hosting yang disediakan secara lengkap dengan dilengkapi oleh tim profesional di dalamnya. Dengan layanan Managed VPS satu ini, maka segala pengelolaan server Anda akan dapat teratasi dengan mudah. 

Dalam penggunaannya, layanan Managed VPS ini nantinya akan melakukan beberapa tugas dalam mengelola server pengguna. Yakni mulai dari melakukan pemantauan layanan selama 24 jam, melakukan backup secara rutin, melakukan pembaruan sistem operasi & aplikasi sampai dengan mengelola sistem keamanan di dalamnya. 

2. Unmanaged VPS

Selain managed VPS, ada juga jenis Virtual Private Server lainnya bernama Unmanaged VPS. Jika dilihat dari namanya, sudah bisa kita simpulkan bahwa jenis Virtual Private Server merupakan kebalikan dari Managed VPS. Dimana, layanan ini akan mengharuskan bagi para penyewa layanan VPS untuk melakukan pengelolaan server virtualnya secara mandiri. 

Lantas apa tugas dari seorang penyedia layanan server Virtual Private Server jenis satu ini?

Mengenai tugas dari penyedia layanan jenis server ini, nantinya hanya akan menyediakan koneksi jaringan dan juga server secara fisik saja. 

Ahir kata

Demikianlah tadi informasi menarik yang mungkin saja bisa menjawab rasa penasaran Anda selama ini mengenai apa itu layanan VPS yang banyak ditawarkan di pasaran. Dengan mengetahui informasi ini, Anda nantinya bisa memutuskan apakah nantinya tertarik untuk menggunakan layanan satu ini dalam pembuatan website bisnis atau justru sebaliknya.