Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jual Baja Ringan: Berikut Jenis, Keuntungan dan Tips Memilih Jasa Memilihnya!

Akhir-akhir ini rangka atap baja ringan kian banyak dipilih sebagai material atap sebuah bangunan, seperti rumah, rumah hingga gudang. Jual baja ringan, biasanya terbuat dari carbon steel atau galvalum. Selain itu, baja ringan juga dicampur beberapa unsur, antara lain aluminium, karbon dan zink yang menjadikannya semakin ringan.


Jenis-jenis Atap Baja Ringan


Sebelum memilih baja ringan untuk atap bangunan, sebaiknya ketahui dulu jenis-jenis atap baja ringan, berikut:

  •  Hollow

Atap baja ringan jenis ini sering digunakan untuk membentuk struktur pada bagian interior, misalnya plafon, kanopi dan partisi ruangan lainnya. Atap baja ringan hollow terbuat dari material galvanis, dan umumnya memiliki bentuk menyerupai balok.

Jual Baja Ringan: Berikut Jenis, Keuntungan dan Tips Memilih Jasa Memilihnya!




  • Truss atau kaso

Adalah jenis atap baja ringan yang dapat anda gunakan sebagai rangka utama pada struktur bangunan. Lebih daripada itu, truss juga bisa digunakan sebagai komponen untuk memperkuat tiang dan kuda-kuda atap rumah. cara pasang rangka atap baja ringan jenis kaso terbagi dalam dua jenis yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan, yaitu profil W dan profil C. Profil W memiliki ketebalan 0,8-1 mm, sedangkan profil C ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran profil W.


  • Kanal C

Atap baja ringan ini memiliki bentuk seperti huruf C. Kanal C merupakan jenis atap baja ringan yang paling banyak digunakan sebagai material penyusun rangka atap baja ringan untuk atap rumah atau gedung. Kanal C juga dinilai kuat dan mampu menahan langit-langit rumah. Ini dikarenakan saat pemasangan atau penggabungan dua batang baja secara berhadapan, baja ringan akan menjadi bentuk kotak yang bisa saling menguatkan.


  • Reng

Jual baja ringan, jenis atap baja ringan reng biasanya dipasang melintang dan berfungsi untuk menahan genting. Atap baja ringan ini juga memiliki fungsi sebagai pengatur jarak antar barisan genting, sehingga membuatnya terlihat rapi dan estetik.


Keuntungan Menggunakan Baja Ringan Sebagai Material Atap Bangunan


Kenapa harus menggunakan sebagai material atap bangunan? Dibawah ini beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan dengan menggunakan atap baja ringan:

  1. Atap baja ringan memiliki bentuk yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan atap bangunan. Dengan kata lain, bisa sesuai dengan keinginan anda. Bila anda ingin membuat atap jauh lebih kuat, sebaiknya pasang atap baja ringan secara beredekatan.
  2. Ganti atap baja ringan, meskipun baja ringan terbuat dari bahan logam, namun memiliki sifat anti karat. Sehingga tidak mengharuskan anda untuk melakukan perawatan secara berkala. 

Tips Memilih Jasa Pasang Atap Baja Ringan


Setelah mengetahui jenis dan keuntungan menggunakan atap baja ringan, kini waktunya anda mencari jasa pasang rangka atap baja ringan, mulailah dengan:


  • Lakukan pengecekan material

Langkah pertama memilih jasa pasang atap baja ringan yang tepat adalah melakukan pengecekan material. Pastikan penyedia jasa menjelaskan spesifikasi produk secara detail dan akurat. Sebagai contoh, profil baja ringan yang digunakan juga harus disebutkan. Pastikan juga, atap baja ringan yang dipasang sesuai dengan yang telah disepakati bersama.


  •  Hindari tertarik dengan harga murah

Sebisa mungkin hindari mereka yang jual baja ringan dan penyedia jasa yang menawarkan harga atap baja ringan lebih murah dibanding yang lainnya. Ini semata-mata untuk menghindari kejadian fatal yang bisa merugikan anda dan keluarga dikemudian hari. Adapun ciri-ciri penyedia jasa terpercaya adalah melampirkan gambar bracing dan kuda-kuda disetiap surat penawarannya.