Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Keunggulan dan Manfaat Baja Ringan Galvanis Untuk Rumah Modern

Perkembangan zaman yang terus maju pasti akan membawa perubahan dalam bidang konstruksi bangunan. Jika dahulu masyarakat lebih banyak menggunakan kayu dan beton tetapi sekarang ini konstruksi bangunan sudah banyak yang menggunakan baja ringan galvanis. Kelebihan yang dimilikinya menjadikan bahan konstruksi satu ini banyak diminati masyarakat terutama pada bangunan rumah modern.


Keunggulan Bangunan dengan Menggunakan Baja Ringan

Baja ringan saat ini menjadi salah satu material paling digemari terutama pada konstruksi bagian atap. Hal tersebut karena bila dibandingkan dengan konstruksi konvensional, konstruksi dengan menggunakan baja ringan galvanis memiliki banyak sekali keunggulan, misalnya seperti di bawah Ini:

Keunggulan dan Manfaat Baja Ringan Galvanis Untuk Rumah Modern




  • 1.Bobot ringan tetapi kekuatan tariknya sangat baik

Atap baja ringan sekarang ini memang menjadi material yang sedang tren karena mempunyai bobot lebih ringan tetapi jauh lebih kuat dan juga kokoh untuk dipakai pada bangunan. Bila dibandingkan dengan besi maupun kayu, baja ringan ini mempunyai bobot yang lebih ringan sehingga bisa mengurangi beban pada bangunan.

Bukan hanya itu saja, baja ringan juga mempunyai potensi beban mati yang lebih kecil tetapi tidak akan mengurangi kekuatan tarikannya. Keunggulan inilah yang membuatnya cocok bila digunakan pada konstruksi atap bangunan.


  • 2. Kekuatan yang dimiliki lebih baik dibanding konstruksi konvensional


Walaupun mempunyai bobot ringan, tetapi keunggulan dari rangka baja ringan adalah kekuatan yang dimilikinya tidak akan berbeda jauh dengan konstruksi konvensional. Memiliki bentuk yang tipis tetapi sangat kokoh dan bisa menahan konstruksi pada bangunan besar.

Baja ringan juga tidak akan muda mengakibatkan keruntuhan di beban tarik bangunan baik itu ketika proses fabrikasi, transportasi atau di saat membuat sebuah konstruksi.


  • 3. Konstruksi pada baja ringan mempunyai konsistensi bentuk lebih bagus

Mutu serta kualitas dari model kanopi baja ringan akan lebih bagus bila dibandingkan dengan bahan kayu maupun yang lainnya. Hal ini akan membuat konstruksi pada baja ringan mempunyai konsistensi bentuk yang lebih baik sehingga tidak akan mudah mengalami pergeseran maupun bentuk berubah.

Adanya keunggulan tersebut, Anda dapat menciptakan sebuah struktur persisi ketika melakukan pembangunan rumah maupun bangunan.


  • 4. Tidak mudah keropos dan awet

Merupakan salah satu bahan pabrikan, membuat baja ringan mempunyai ketahanan lebih kuat bila dibandingkan dengan kayu. Konstruksi pada baja ringan tidak akan diserang rayap dan anti karat sehingga Anda tidak harus merasa khawatir bila material cepat rapuh dan keropos.


  • 5. Menghemat waktu

Bila dibandingkan material bangunan jenis yang lainnya, konstruksi di baja ringan akan memberikan proses pemasangan maupun instalasi lebih cepat. Selain itu, proses penyambungan baja ringan lebih sederhana karena hanya akan menggunakan keling, baut maupun las sehingga lebih hemat waktu dalam pengerjaannya.


Manfaat Penggunaan Baja Ringan Pada Konstruksi Rumah Modern


Pada era yang sudah serba modern ini banyak sekali rumah modern minimalis lebih memilih untuk menggunakan baja ringan galvanis untuk konstruksi bangunannya. Biasanya banyak dipakai untuk konstruksi atap karena mempunyai bobot lebih ringan tetapi kuat dan kokoh.

Bentuknya yang tipis dan bobotnya yang ringan, membuat baja ringan mempunyai kekuatan tarikan tinggi yang bisa mencapai 550Mpa. Baja pada umumnya hanya mempunyai kekuatan tarik antara 300Mpa. Keunggulan yang dimiliki baja ringan tersebut akan bermanfaat terutama pada konstruksi rumah-rumah modern minimalis yang ada di daerah rawan gempa.

Bobotnya yang ringan membuat beban yang harus ditopang dalam struktur bagian bawah menjadi lebih kecil. Bobot atap yang ringan akan membuat beban pada bangunan lebih kecil sehingga rumah yang hancur karena gempa bisa diminimalisir.